Jumat, 21 Oktober 2011

Mengubah MAC Address di Sistem Operasi Linux

MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address. Alamat ini disimpan di ROM ( Read Only Memory ) dan mengakubatkan alamat ini tidak bisa dirubah. Tetapi kita bisa memanipulasinya dengan cara :
1. Loginlah sebagai root.
2. Lihat Mac Address. Perintah yang digunakan:
    # ifconfig –a


3. Matikan device yang akan diganti MAC Address-nya.
    Perintah yang digunakan:
    # ifconfig down
    Device adalah NIC yang akan diganti MAC addressnya..
    Contoh : eth0, eth1, wlan0, wlan1






4. Ubah MAC Addressnya.
    Perintah yang digunakan:
    # ifconfig hw ether 


    Note :
    Usahakan tidak jauh berbeda dengan MAC aslinya.
    MAC address tidak bisa sembarangan diubah. Ada sedikit (aturan) yang perlu diperhatikan, yakni :
    3 blok pertama adalah kode vendor, jadi sebaiknya jangan diubah. Cukup ubah tiga blok terakhir.

     Contoh:
     08:00:27:fa:35:cc --> 08:00:27:af:36:aa



 5. Hidupkan kembali device tersebut.
     Perintah yang digunakan:
     # ifconfig up





6. Lihatlah hasilnya.


• Lihat perubahan yang ada pada MAC Address dengan menggunakan perintah:
  # ifconfig -a 






• Pengertian MAC Addres:
MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.

• Susunan MAC Address:
24 bit pertama dari MAC address merepresentasikan siapa pembuat kartu tersebut, dan 24 bit sisanya merepresentasikan nomor kartu tersebut. Setiap kelompok 24 bit tersebut dapat direpresentasikan dengan menggunakan enam digit bilangan heksadesimal, sehingga menjadikan total 12 digit bilangan heksadesimal yang merepresentasikan keseluruhan MAC address.

MAC address hardware diatas adalah 08:00:27:fa:35:cc.
- 24 bit pertama dari MAC address merepresentasikan siapa pembuat kartu (vendor). 08:00:27 menunjukkan bahwa vendor MAC address dari hardware diatas adalah CADMUS COMPUTER SYSTEMS.
- fa:35:cc menunjukkan nomor kartu tersebut.
- Dalam bilangan biner, MAC Address diatas adalah: 08:00:27:fa:35:cc.
--> 00001000 . 00000000 . 00100111 . 11111010 . 00110101 . 11001100

jadi, pada kenyataannya memang benar MAC Address disebuah NIC tidak bisa dirubah. kita hanya bisa memanipulasinya saja dengan cara seperti yang telah di perlihatkan di atas dan masih banyak lagi cara untuk memanipulasi MAC Address tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar